Kutil kelamin gatal atau tidak

Human papillomavirus (kutil kelamin atau kutil kelamin) adalah kelompok yang terdiri dari lebih dari 100 jenis virus, termasuk lebih dari 40 jenis yang melibatkan alat kelamin. Tiga dari empat wanita akan memiliki infeksi kutil kelamin atau kutil kelamin pada suatu waktu dalam kehidupan mereka.

Sebagian besar waktu, infeksi kutil kelamin atau kutil kelamin tidak serius, tidak memiliki gejala dan akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Karena kutil kelamin atau kutil kelamin sering tidak memiliki gejala, mudah berpindah dari satu orang ke orang lain tanpa menyadarinya. Beberapa jenis kutil kelamin atau kutil kelamin menyebabkan kutil kelamin yang bergelombang sehingga tidak menyebabkan kanker. Jenis kutil kelamin atau kutil kelamin lainnya lebih serius dan bisa menyebabkan kanker pada leher rahim, penis, vulva, anus dan tenggorokan. Pemeriksaan rutin Pap dilakukan untuk menyaring wanita untuk kanker serviks.

Vaksin kutil kelamin atau kutil kelamin dapat membantu mencegah 70% kanker genital dan 90% genital warts. Vaksin ini tersedia untuk pria dan wanita. Dianjurkan agar orang muda mendapatkan vaksin sebelum mereka aktif secara seksual. Vaksin ini tidak memiliki efek pada jenis kutil kelamin atau kutil kelamin apa pun yang mungkin dimiliki seseorang.
Sebab

Jenis kutil kelamin atau kutil kelamin yang menyebabkan genital warts paling sering menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit selama vagina (frontal) dan anal seks. Virus ini paling banyak ditemukan pada alat kelamin dan anus. Hal ini jarang ditemukan di mulut atau di tenggorokan.

Orang yang memiliki HIV lebih cenderung mengembangkan kutil kelamin jika mereka bersentuhan dengan virus tersebut. Bila seseorang memiliki HIV, terkadang kemampuan mereka untuk melawan virus lebih rendah, sehingga memudahkan lebih banyak kutil untuk tumbuh. cqdzkm.com

Baca Juga :   Harga obat kutil kelamin

Selama seks anal, kutil kelamin atau kutil kelamin dapat menyebar ke saluran anus. Beberapa jenis kutil kelamin atau kutil kelamin dapat menyebabkan perubahan sel di dalam anus yang bisa menyebabkan kanker dubur. Kemungkinannya mungkin lebih tinggi pada pria yang positif HIV dan berhubungan seks dengan pria lain.

Gejala

Gejala kutil kelamin bisa termasuk benjolan tanpa rasa sakit pada alat kelamin Anda dan / atau di sekitar bokong Anda. Kutil kelamin mungkin muncul di dekat pembukaan uretra (lubang kencing), di bawah kulup, di batang penis, di dekat bagian luar vagina dan di dalam anus. Kutil bisa berbeda ukuran dan bentuk; Beberapa terlihat seperti tambalan putih datar dan yang lainnya terlihat seperti tandan kembang kol kecil.

Mungkin diperlukan waktu dari empat minggu sampai delapan bulan, atau lebih lama lagi, agar kutil muncul setelah kontak dengan virus. Terkadang kutil tidak pernah muncul atau Anda tidak dapat melihatnya. Entah Anda bisa melihat kutil atau tidak, virus tetap bisa diteruskan ke orang lain.

Seringkali tidak ada gejala kanker serviks stadium awal yang berkaitan dengan kutil kelamin atau kutil kelamin. Gejalanya mungkin termasuk pendarahan yang tidak biasa atau berat dari vagina dan perdarahan antar menstruasi. Penting untuk melihat penyedia layanan kesehatan jika Anda memperhatikan gejala ini.