Keindahan panorama gunung semeru Indonesia

Semeru dinamai dari Sumeru, gunung tertinggi di dunia dalam kosmologi Buddhis. Semeru juga disebut Mahameru (Gunung Besar), atau Gunung Semeru atau Gunung Semeru – terletak di antara kabupaten Malang dan Lumajang dengan posisi geografis 8 06 ‘Lintang Selatan dan 12 55’ Bujur Timur. Puncak Gunung Semeru adalah 3.676 m dpl.
Keindahan panorama gunung semeru Indonesia

Karena itu, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ini adalah stratovolcano di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ini mencakup sekitar 800 kilometer persegi di pusat Jawa Timur. Di ujung utaranya adalah Kaldera Tengger yang spektakuler, pulau terbesar di Jawa, dengan laut pasir pasirnya sepanjang 10 km. Di kaldera tersebut naik kerucut vulkanik yang sangat retak dari Batok dan Bromo, yang terakhir masih aktif dengan kawah yang luas dimana asap meniup ke langit. Suhu di puncak gunung Bromo berkisar antara 5 sampai 18 derajat celcius. Ke Selatan adalah dataran tinggi dataran tinggi yang bergulir yang dibelah oleh lembah-lembah dan dihiasi beberapa danau kecil yang indah, terbentang sampai ke kaki Gunung Semeru, kerucut rimbun hutan yang menjulang tinggi yang mendominasi lanskap selatan. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu kawasan konservasi yang sudah banyak dikenal masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya masyarakat untuk berkunjung ke taman dengan berbagai kepentingan seperti untuk rekreasi, camping climbing, trekking, pendidikan dan penelitian.

Menyadari situasi tersebut, pemerintah telah menetapkan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai taman nasional yang didirikan pada tanggal 12 November 1992 dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.1049 / Kpts-Il / 1992 dengan luas wilayah 50.267,3 ha, yang secara administratif berada di 4 kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Semeru adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Sejak 1818, setidaknya ada 55 letusan yang tercatat (10 di antaranya mengakibatkan korban jiwa). Gunung berapi mengepul awan uap dan asap yang besar setiap 20 menit atau lebih dan terkadang diselingi abu dan batu.

Baru-baru ini, Gunung Semeru Indonesia di Jawa Timur meletus. Tepatnya pada hari Minggu dini hari, 10 Mei 2009, rupanya meletus, memuntahkan asap dan abu tinggi ke langit dan melapisi sebuah kota terdekat dengan debu hitam ‘. Gunung berapi dingin yang lalu juga membanjiri sungai-sungai di sekitar desa Semeru. Tidak ada evakuasi yang diperintahkan, namun ahli vulkanologi memantau gunung berapi dengan seksama ‘untuk tanda-tanda awan panas yang mematikan’ – istilah yang sering digunakan di Indonesia untuk aliran piroklastik. Otoritas logis gunung berapi Indonesia mengatakan bahwa mereka tidak perlu menaikkan tingkat siaga di Semeru dari tingkat tertinggi kedua ‘siaga’ atau oranye. Proxy 15 kecamatan di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia memiliki dampak abu, terutama mereka menggerakkan lahan pertanian.

Karena gunung berapi yang meletus, sabana gunung, dan danau, pemandangan di sekitar sini adalah pemandangan yang mengagumkan untuk dilihat. Pendaki gunung sering mengunjungi gunung ini untuk menikmati pemandangan alam dan sunset yang indah, lihat dari puncak gunung. Panorama yang indah dan menarik atau atmosfir khusus dapat ditemukan di sini di samping udara sejuk dan segar. Semeru adalah tempat wisata yang sangat populer di provinsi ini, bahkan di kalangan turis mancanegara.